Rabu, Agustus 17, 2011

On 01.50 by dkrtanon.blogspot.com in    No comments
Pramuka Tanon adakan Ziarah Kubur

Tanon – Puluhan Pramuka Dewasa yang tergabung dalam Kwarran Tanon bersama Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega adakan Renungan Ulang Janji dan ziarah kubur. Kegiatan ini merupakan serangkaian acara yang dilaksanakan oleh Pengurus Kwarran Tanon (baca Pramuka Tingkat Kecamatan) dalam peringatan Hari Ulang Tahun Emas Gerakan Pramuka ke-50 yang jatuh pada hari Minggu, tanggal 14 Agustus 2011.
Seluruh peserta ziarah berkumpul di kediaman Kak Sumarno yang merupakan ketua harian Pramuka Ranting Tanon. Peserta kegiatan terdiri dari Andalan Ranting dan DKR. Mereka mengunjungi beberapa makam tokoh pramuka seperti makam (Alm) Kak Hayat, Kak Sukirno, kak Tarno untuk melakukan renungan dan mendo’akan para almarhum akan segala jasanya dalam perkembangan gerakan pramuka khususnya di tingkat Kecamatan Tanon.
Seluruh anggota Pramuka mengikuti jalannya kegiatan di pemakaman secara khusuk. “Sesuai dengan tema HUT Pramuka tahun ini yaitu Pramuka sebagai penyelamat bangsa, maka kami melibatkan beberapa anggota pramuka dewasa muda untuk ikut serta dalam kegiatan ini” ucap Joko wahono yang merupakan ketua Dewan Kerja Ranting Tanon. Joko menjelaskan bahwa kegiatan macam ini rutin dilaksanakan setiap setahun sekali.
Usai dari pemakaman, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama dengan masyarakat desa Jono di rumah kak sumarno. Setelah sholat magrib berjamaah, seluruh anggota Pramuka bersama warga desa jono mengadakan tasyakuran dengan hidangan tumpeng bancaan yang telah disediakan beberapa anggota DKR Tanon. Sebelum pemotongan tumpeng dibacakan naskah ulang janji oleh andalan kwarran yang berisikan ajakan kepada kaula muda agar tidak terjerumus dalam narkoba, tindak kejahatan dan perilaku muda yang meresahkan masyarakat. “Sebagai Anggota Pramuka, kita harus siap menghadapi tantangan yang ada dalam masyarakat” Kata kak Supardi yang juga Kepala Sekolah di SMK PGRI 3 Tanon. Beberapa tokoh masyarakat desa jono juga menyambut baik tentang adanya kegiatan – kegiatan yang diadakan oleh Gerakan Pramuka.
Kwartir Ranting Tanon memang terkenal dengan keaktifan sebagai penggerak gerakan Pramuka khususnya di tingakat Kabupaten Sragen. Hal ini terbukti bahwa tiga tahun terakhir DKR Tanon selalu menjuarai lomba DKR Tergiat yang diadakan oleh Kwartir Cabang Kabupaten Sragen. Meskipun belum memiliki sanggar bhakti sebagai pusat informasi kepramukaan di tingkat kecamatan, namun Kwarran Tanon mampu menunjukkan efek kegiatan bermutu yang diadakan secara berkala. Hubungan selayaknya kakak dan adik yang diberlakukan pengurus Kwarran dengan Pengurus DKR mengakibatkan rasa saling mengisi dan melengkapi sehingga segala kegiatan yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar sesuai tujuan.

0 comments: