Selasa, Mei 27, 2014

On 22.03 by dkrtanon.blogspot.com in    No comments
Gunung Kidul- Eksistensi Pramuka Ngampung yang dirilis Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega Kwartir Ranting Tanon, Sragen, Jawa Tengah  patut diapresiasi oleh pelbagai organisasi sosial kemasyarakatan terutama Gerakan Pramuka. Komunitas yang dibentuk bulan Februari 2012 yang bertepatan dengan Boden Powell Day ini telah banyak memproduksi kegiatan bertajuk sosial kemasyarakatan baik di dalam maupun di luar Kabupaten.
Pada Tahun 2012 mereka sukses mengadakan kegiatan bhakti masyarakat dengan bernaung di rumah warga menjadi anak asuh selama hampir sepekan dan berakhir dengan pemberian bantuan kepada warga desa yang dijadikan lokasi bhakti di daerah terpencil di Kabupaten Sragen. Tahun 2013 kegiatan yang paling menonjol yaitu pembentukan cabang baru yaitu Pramuka Kreatif, bidang ini selain Ngampung mereka juga bersama warga memberikan penyuluhan dan belajar bersama tentang pembuatan kerajanian tangan di beberapa desa di Kabupaten Sragen yang memiliki sentral industri kecil.




Di tahun 2014 ini, tim Pramuka Ngampung dari Bumi Sukowati mengadakan pengembaraan sosial di luar Kabupaten yaitu di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Aksi yang dilakukan para komunitas pramuka ngampung yang mayoritas berusia Pandega ini berlangsung mulai 22 s/d 24 Mei 2014 dan memiliki dua sasaran utama yaitu pendidikan dan kemasyarakatan. Di bidang Pendidikan, tim KPN memberikan penyuluhan tentang pendidikan karakter di beberapa sekolah di Kab. Gunung Kidul, Jogjakarta baik tingkat SD maupun SMP. Dalam pelaksanaan program ini tim KPN diterima dengan ramah dan santun oleh semua sekolah yang menjadi target kegiatan terutama di daerah pegunungan kidul, Jogjakarta.
Siti Maemunah, salah satu guru di SMP Gotong Royong, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul mengaku sangat senang dan termotivasi dengan adanya kunjungan tim Pramuka Ngampung. “Kami senang sekali dengan adanya kunjungan ini, apalagi yang datang lintas Provinsi, semoga dengan kedatangan kakak-kakak ini kami lebih semangat dalam mendidik anak-anak kami” imbuhnya.
Selain sosialisai langsung, tim KPN juga memerikan beberapa kenan-kenangan berupa buku pengetahuan kepramukaan “Penggalang Cerdik” yang ditulis oleh Joko Wahono yang tak lain adalah ketua komunitas. Spanduk ajakan latihan Pramuka yang dikrimkan oleh Humas Kwartir Nasional juga mereka perbanyak dan diserahkan disetiap Gudep yang disambangi.
Sebelum melakukan ekspedisi di Kab. Gunung Kidul, terlebih dahulu tim KPN bercengkrama dengan warga desa Salam, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri. Di dusun kecil dipinggir kabupaten Wonogiri ini, mereka melanjutkan program-program di tahun sebelumnya. Mereka masuk di pemukiman warga, mendengar, merasakan dan melihat aktifitas warga pinggiran. Meski tak dapat membantu meringankan beban yang mereka lontarkan, namun tim setidaknya memberikan semangat kerja keras kepada warga terutama kaum muda di desa itu. Dihari terakhir, tim KPN memerikan bantuan alakadarnya kepada beberapa warga yang dipandang layak memerimanya.

Dipenghujung perngembaraan, tim KPN mengunjungi beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Gunung Kidul seperti, Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan dan Gunung Api Purba, Patuk.

0 comments: