Selasa, Juni 16, 2015

On 19.47 by dkrtanon.blogspot.com   No comments
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah, ia diistimewakan oleh Allah Swt., dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, serta penuh dengan rahmah, ampunan dan pembebasan dari api neraka. Ramadhan senantiasa dirindukan kedatangannya dan ditangisi kepergiannya oleh orang-orang shalih. Pada bulan ini, kaum muslimin khususnya para remaja Islam, seharusnya melakukan pengembaraan ruhani dengan mengekang nafsu syahwat dan mengisi dengan amal-amal yang mulia. Semua itu, merupakan momen dan sekaligus sarana yang baik untuk mencapai puncak ketakwaan. Dosa dan kekhilafan juga merupakan sasaran yang akan kita hapuskan dalam bulan Ramadhan ini.Untuk mendekatkan sasaran tersebut, kiranya para remaja sebagai generasi muda,  seharusnya menyambut tamu Allah Swt yang agung ini dengan mengadakan pembekalan ruhani dan pengetahuan tentang bulan Ramadhan. Di antara bekal-bekal yang harus dimiliki dalam menyongsong bulan mulia ini adalah:

Pertama, mempersiapkan persepsi yang benar tentang bulan Ramadhan

Untuk memberikan motivasi beribadah di bulan Ramadhan dengan optimal, sebelum Ramadhan datang Rasulullah saw. mengumpulkan para sahabatnya guna memberikan persepsi yang benar dan mengingatkan betapa mulianya bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits yang panjang Rasulullah Saw bersabda: Dari Salman r.a. Beliau berkata: Rasulullah berkhutbah ditengah-tengah kami pada akhir Sya’ban, Rasulullah bersabda: “Hai manusia, telah menjelang kepada kalian bulan yang sangat agung, penuh dengan barakah, di dalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan di mana Allah Swt. telah menjadikan puasa di dalamnya sebagai puasa wajib, qiyamullailnya sunnah, barangsiapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan amalan wajib tujuh puluh kali pada bulan lainnya dan seterusnya.” (HR. Ibnu Huzaimah, beliau berkata: hadits ini adalah hadits shahih).

Minimal persiapan itu meliputi dua hal. Pertama berusaha untuk tafaqquh (memahami) tentang Ramadhan dan keutamaan bulan Ramadhan, hukum-hukum berkaitan dengan puasa, mengetahui petunjuk Rasulullah saw. sebelum memasuki Ramadhan, mempelajari syarat-syarat puasa, syarat sahnya, pembatal-pembatalnya, demikian pula kewajiban-kewajiban, larangan, sunnah-sunnah dan yang dibolehkan dalam puasa. Kedua, dapat memanfaatkan serta mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang secara logis dan kongkrit mengantarkannya untuk mencapai ketakwaan, seperti qiyamullail, qiroatul quran, dan lain sebagainya.Inilah dua hal yang minimal kita harus mempersiapkannya untuk menyongsong bulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan, semoga kita bisa mengambil faedah dari tulisan ini dan memberikan kita umur yang panjang sehingga kita masih bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tersebut.

Kedua, membekali diri dengan ilmu yang cukup

Sasaran dari ibadah puasa adalah untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa. Oleh sebab itu, ibadah puasa harus dilakukan dengan tata cara yang benar, sebagaimana sabda Rasulullah saw:

Banyak orang berpuasa yang tidak mendapat apa-apa dari puasanya kecuali lapar. Dan banyak orang shalat malam, tidak mendapat apa-apa dari shalatnya kecuali begadang. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah).

Barangsiapa tidak meninggalkan kata-kata dusta (dalam berpuasa) dan tetap melakukannya, maka Allah Swt.tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya.(HR. Bukhari)

Dari dua hadits di atas bisa disimpulkan bahwa membekali diri dengan segala ilmu yang berkaitan dengan puasa Ramadhan akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan kita untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kita melalui bulan Ramadhan yang mulia ini.

Ketiga, melakukan persiapan jasmani dan ruhani

Membersihkan jiwa dan hati dengan bertaubat kepada Allah dari segala kemaksiatan yang telah kita lakukan selama setahun penuh dan memohon pertolongan kepada Allah semoga bisa menahan diri serta menjauhi segala jenis kemaksiatan.

Keempat, memahami keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan diciptakan Allah Swt.penuh dengan keutamaan dan kemuliaan.Maka mempelajari dan memahami keutamaan dan kemuliaan tersebut akan memotifasi kita untuk lebih meningkatkan amal ibadah kita. Di antara keutamaan dan kemuliaan bulan Ramadhan adalah:

a.Bulan kaderisasi takwa dan bulan diturunkannya Al-Qur’an, Allah Swt. berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.(Q.S:AI-Baqarah:183)

Bulan Ramadhan adalah, bulan yang di dalamnya diturunkan AI-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil) maka barang siapa mendapatkannya hendaklah ia berpuasa, sebagaimana firman-Nya:

0 comments: